Sabtu, 20 November 2010

Resensi Buku

A. Identitas Buku, mencakup:
  1.  Judul buku         : Geografi Kota Dan Desa   
  2. Nama penulis      : Drs.N Daldjoeni
  3. Nama penerbit    : Alumni
  4. Tahun Penerbit    : 1998
  5. Warna cover       : Kuning
  6. Jumlah Halaman  : 214      
B.Ringkasan
Di sekeliling pusat kota terdapat wilayah dengan macam-macam tata guna lahan, terutama untuk perumahan penduduk. pertumbuhan kota keluar, melahirkan wilayah pinggiran kota dalam geografi di sebut suburbia, dari kata lain suburbis( sub: bawah, urbis: kota).

Dalam bahasa inggris di pakai juga fringe untuk suburbia, yang jika di indonesiakan menjadi wilayah pinggiran. semakin suatu metropolis di landa gerak sentrifugal serta mobilitas fisik, para penduduk dari pedesaan masuk ke kota. maka konsep fringe dan suburbia menjadi makin luas.

Ada empat alasan, tumbuhnya wilayah pinggiran kota:
pertama  : meningkatnya pelayanan transportasi kota yang berupa trem, bus kota.
kedua     : bertambahnya penduduk suburban.
ketiga     : meningkatnya taraf kehidupan penduduk suburbia.
keempat : gerakan pendirian bangunan pada masyarakat sehingga melancarkan pemilikan rumah di luar kota. 

Secara spatial, suburbia itu terletak di Agricultural Hinterland, tetapi secara ekologis, merupakan kawasan yang menjadi invasi penduduk baru. seperti pompa bensin, restoran, tempat hiburan dan sebagainya.

Urban fringe meliputi seluruh suburbia, kota satelit dan teritorium lain yang berlokasi langsung di luar kota. di mana tenaga kerjanya terlibat di bidang non-farming

Dengan demikian, jika di indonesia dengan semakin bertambahnya penduduk kota secara spontan. pemerintah mengadakan perencanaan maka akan memperhitungkan adanya wilayah suburbia. serta suatu perubahan akan membawakan dampak terhadap tata kehidupan masyarakat yang ada dan yang akan datang.

C. Keunggulan Buku
     Dalam buku ini penulis lebih terpacu dalam hal yang berkaitan dengan lingkungan. alur cerita yang di gunakan tidak membosankan dan dapat di mengerti maupun di pahami oleh pembacanya. dari buku ini banyak nilai-nilai yang menggugah para pembaca untuk menjaga lingkungan.

D. Kelemahan Buku
     Dalam buku ini kekurangannya yaitu perlu adanya gambar maupun karikatur yang ada di buku tersebut. dengan adanya gambar tersebut, dapat menarik minat para pembaca, serta agar pembaca tidak merasa bosan untuk membacanya.banyak kalimat yang di ulang

E. Penilaian Terhadap Buku
     Menurut saya buku ini memang bagus, serta mudah di mengerti dan di pahami oleh banyak kalangan pembaca. bukan hanya itu saja, tetapi juga dapat menambah wawasan tentang bagaimana cara menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar